Kenapa Email Masuk Spam

Bagaimana bisa sebuah email masuk spam?

Sebelum berlanjut, Anda harus tahu dahulu kenapa email Anda bisa dianggap spam. Yang harus Anda tahu, ada dua faktor yang menyebabkan email tersebut dianggap spam. Yang pertama adalah kontrol dari ISP (Internet Service Provider) seperti Yahoo dan Google. Biasanya para ISP ini akan “membaca” domain dan IP dari sang pengirim email. Ketika domain dan IP tersebut dibaca oleh ISP sebagai hal yang mengawatirkan atau aneh. Beberapa ISP mempunyai daftar tersendiri atas hal ini dan selalu berubah-rubah setiap waktu.

Yang kedua adalah Anda sendirilah yang menentukan apakah email tersebut spam atau tidak. ISP tentu tidak bisa mengontrol semua email yang masuk kedalam folder inbox Anda, ketika Anda menekan tombol “mark as spam” tentu ISP akan memperhitungkan bahwa domain dan alamat email tersebut adalah spam. Beberapa email subscription pun menyediakan layanan jika email Anda dianggap spam.

Sebenarnya apa yang terjadi jika email marketing Anda masuk spam? Situasi yang terburuk adalah domain Anda akan diblok selamanya oleh email provider. Tentu tidak mau kan email marketing Anda tidak dibaca oleh pelanggan Anda.

Pelanggan Anda harus setuju

Ini adalah hal yang mendasar, ketika Anda bertamu tentu harus seijin tuan rumah. Sama dengan email marketing, ketika Anda menghubungkan email marketing kepada pelanggan Anda usahkan mereka juga telah setuju berlanggan email Anda. Sekarang ISP sudah sangat canggih, bahkan beberapa ISP sudah dapat mengetahui apakah email marketing yang masuk sudah “ijin” atau tidak. Maka dari itu, Anda bisa membuat email persetujuan atau “confirmation link”. Ketika pelanggan Anda sudah setuju dengan email marketing Anda, Anda bisa mengirimkan email marketing lain. Tetapi ketika pelanggan Anda tidak setuju, tentu stop mengirimkan email marketing.

Anda mengirimkan email dengan isi yang spammy

Ada beberapa kriteria bahwa email Anda disebut email spam. Antara lain:

  • Anda menggunakan kalimat-kalimat alay seperti “3m4il Pen@awar4n”
  • Jangan menggunakan link yang mati. Selalu cek email marketing Anda dari link-link yang sudah rusak dan jangan menggunakan link shorteners
  • Jangan menggunakan subject dengan kalimat yang mengandung “Re:” atau “Fwd”
  • Salah dalam menggunakan kode HTML
  • Terlalu banyak gambar dan bahkan tidak ada kata-kata didalamnya
  • Subject Anda semuanya huruf besar.

Sudah ada hukum tata cara mengirimkan email marketing

Saya tidak mengetahui apakah CAN-SPAM Act of 2003 sudah diberlakukan di Indonesia atau tidak. Jadi CAN-SPAM Act of 2003 adalah hukum yang mengatur bagaimana cara perusahaan mengirimkan email marketing dan sudah resmi secara hukum di Amerika Serikat.  Sebenarnya ada banyak poin-poin yang ada di hukum tersebut, akan dijabarkan beberapa yang penting:

  • Setiap email marketing, harus ada kata-kata “unsubscribe” dan link tersebut harus bisa selama 30 hari setelah email dikirim
  • Anda sebagai pemilik perusahaan harus segera memproses permintaan unsubscribe dalam 10 hari
  • Alamat pengirim email harus benar-benar ada
  • Subjek harus relevan dengan konten
  • Anda sebagai pemilik perusahaan harus menerima email marketing yang sama

Pengirim tidak jelas

anon

Beberapa ISP akan mendeklarasikan email marketing Anda dengan label spam ketika alamat pengirim tidak jelas. Usahakan Anda membuat email pengirim dengan nama yang umum, misalnya emailmarketing@, atau update@.  Buatlah sesuatu yang bisa dibaca dapat dimengerti para pelanggan Anda. Dengan begitu, pelanggan Anda mengetahui maksud yang ingin disampaikan dalam menawarkan produk.

Buatlah “penawaran” kepada calon pelanggan email marketing Anda

Jika Anda familiar, maka Anda akan diberi opsi apakah ingin berlanggan email marketing selama sehari, seminggu atau sebulan. Buatlah pilihan semacam ini, tentu ini akan berguna seberapa bagus email marketing Anda. Jika banyak yang memilih format sebulan, tentu email marketing Anda kurang bagus.

Selain penyebab diatas,ada beberapa penyebab lain kenapa email anda bisa masuk spam. diantaranya adalah :

Email Masuk Spam karena IP Masuk Spam Blacklist

Hal yang paling umum bahwa email yang anda kirim masuk spam adalah disebabkan IP Address server email anda tidak mempunyai reputasi bagus atau mungkin telah masuk ke daftar blacklist spam sehingga email yang anda kirimkan akan selalu masuk dan masuk lagi ke folder spam.

Umumnya IP address yang masuk daftar blacklist spam atau yang kurang mempunyai legitimasi adalah ip address shared yang digunakan secara bersama-sama. Hal ini bisa terjadi karena kebutuhan user dalam mengirimkan email berbeda-beda meskipun telah memberlakukan beberapa level monitoring seringkali ip address shared tetap saja besar kemungkinan bisa masuk daftar spam.

Jika anda menemukan bahwa ip server anda telah anda gunakan terdaftar sebagai spam silahkan kontak provider anda untuk melakukan pembenahan, tapi nantinya meskipun ip address telah tidak masuk daftar blacklist spam ada hal ke-2 selanjutnya yang menyebabkan email anda tetap akan masuk spam yaitu.

Email Masuk Spam Akibat Terjerat Konten Filter

Coba saja anda kirimkan email ke Gmail atau Yahoo dengan subject dan konten mengandung kata-kata “viagra” dijamin email anda langsung akan masuk spam. Tidak percaya? coba anda buktikan sendiri.

Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam akibat terjerat konten filter, IP Address boleh bersih dan mempunyai legitimasi tapi kalau konten email anda berisi kata-kata “jorok” yang dianggap sebagai kata-kata “spam” maka tentu saja email akan tetap masuk spam.

Bagaimana cara mengatasi hal ini? tentu saja gunakanlah kata-kata yang tepat dalam konten email anda. Kemudian pastikan anda tidak menggunakan kata-kata yang masuk dalam kategori abu-abu meskipun perasaan anda sedang tidak bagus tapi jangan sampai sekali-kali menggunakan kata-kata “jorok” dalam konten email anda tersebut.

Email Masuk Spam karena Email Filter

Jika saya tidak suka email yang anda kirim mudah saja caranya, tinggal centang pesan email anda dan klik Mark As Spam kasus selesai dan email anda tidak akan masuk lagi di inbox email saya. Tapi jika masih saja membandel langsung saja saya bikin filter berbunyi “bahwa semua email yang terkirim dari alamat email anda akan langsung saya buang ke spam” ini bahasa saya ya, anda dapat mendefinisikan filter melalui email filter dan setelah anda melakukan filter maka dijamin 100% email tersebut tidak akan bisa masuk inbox dan langsung dibuang ke spam. Inilah yang dimaksud dengan Email masuk spam karena email filter.

Mengapa seperti ini? pengirim email dituntut berhati-hati dalam mengirimkan pesan jika tidak menginginkan email yang dikirim tragis masuk ke spam. Pengirim email yang baik biasanya mengirimkan email kepada seseorang yang telah saling mengenal dan tidak mengirim secara asal bahkan massal kepada orang yang sama sekali tidak dikenal. itulah sepertinya solusi pada point ke-3 ini.

Email Masuk Spam Gmail Disebabkan Email Satu Arah

Kami menemukan bahwa email masuk ke Spam Gmail disebabkan karena email tersebut terkirim satu arah. Misalnya domain yang baru di aktivasi kemudian melakukan pengiriman email ke pihak lain yang menggunakan email @gmail.com maka secara otomatis email tersebut akan masuk folder spam.

Tapi apabila penerima email @gmail.com tersebut membalas email anda maka kiriman email anda selanjutnya akan langsung masuk ke inbox @gmail.com penerima.

 

Semoga bermanfaat ^_^