Membuat Campaign Atau Email Autoresponder

Pada panduan kali ini kita akan membuat campaign autoresponder. atau biasa disebut juga dengan email autoresponder. Namun,sebelum lanjut untuk praktek,ada baiknya anda ketahui dulu apa itu email autoresponder.

Email atau Campaign Autoresponder adalah serangkaian email yang dikirimkan secara terjadwal pada orang yang sudah subscribe ke dalam list kita. secara sederhana artinya begitu 🙂

Ok,langsung saja kita praktek membuat campaign autoresponder.

==> Langkah 1 : Pilih menu campaign yang ada di sebelah kiri dashboard anda kemudian pilih “Create New”

==> Langkah 2 : Perhatikan gambar berikut untuk mengisi kolom-kolomnya

Keterangan :

  1. Campaign Name : di isi dengan nama campaign anda. bebas. ini untuk membedakan campaign satu dengan lainnya
  2. List : Pilih list subscriber yang ingin dikirimi email autoresponder
  3. Type: Karena kita mau menggunakan autoresponder,maka pilih yang “autoresponder”
  4. Untuk kolom lain biarkan default
  5. Setelah semua di isi,jangan lupa klik “Save and Next”

==> Langkah 3 : Halaman selanjutnya adalah campaign setup. silahkan isi data2 sesuai yang ada pada masing2 kolom. untuk kolom “Campaign Option” biarkan saja default. Oh ya,jangan lupa isi subject atau judul emailnya ya. setelah di isi semua silahkan klik “Save and Next”

==> Langkah 4 : Dihalaman selanjutnya,silahkan tulis konten email anda. Untuk kolom2 biarkan default. Setelah itu klik “Save and Next

==> Langkah 5 : Ini bagian paling penting untuk kesuksesan campaign autoresponder anda. silahkan anda perhatikan dengan teliti pada gambar di bawah ini :

 

Keterangan :

—> Activate At : Kolom untuk setting kapan campaign kita akan aktif dan siap untuk dikirimkan ke subscriber.

—> Autoresponder Event : pada kolom ini pilihannya ada 2. yaitu AFTER-SUBSCRIBE dan AFTER-CAMPAIGN-OPEN.

Fungsinya adalah :

AFTER-SUBSCRIBE = Campaign akan dikirimkan setelah orang tersebut berhasil subscribe ke dalam list kita. Jadi siapapun yang sudah susbscribe,maka secara otomatis dalam waktu yang telah kita tentukan,akan dikirimi email campaign tersebut.

AFTER-CAMPAIGN-OPEN = Campaign akan dikirimkan hanya kepada orang yang sudah membuka campaign kita sebelumnya. fitur ini hanya berfungsi kalau sudah ada campaign sebelumnya. jadi anda pilih opsi ini untuk campaign di hari ke 2,ke 3 dan seterusnya. untuk campaign hari pertama,pilih opsi yang AFTER SUBSCRIBE

—> Autoresponder Time Value : kolom ini untuk mengatur jumlah jam,hari atau bulan

—> Autoresponder Time Unit : kolom untuk menentukan Bulan,hari,minggu dan jam

Kami yakin anda bingung,betul? 😀

Baik sekarang kami akan tunjukkan cara membaca dari setiap kolom2 tersebut. ini dimaksudkan untuk mempermudah anda menentukan kapan campaign akan dikirim.

 

AFTER-SUBSCRIBE >>> Campaign akan dikirimkan tanggal 29 Oktober 2017 (Kolom Activate At) 1 (kolom Autoresponder Time Value) Jam (kolom Autoresponder Time Unit) setelah pengunjung subscribe (kolom After-subscribe)

AFTER-CAMPAIGN-OPEN >>> Campaign akan dikirimkan tanggal 2 November 2017 (Kolom Activate At) 1 (kolom Autoresponder Time Value) Hari (kolom Autoresponder Time Unit) setelah pengunjung membuka campaign sebelumnya (kolom After-campaign-open)

Sudah mengerti bukan? 🙂

==> Langkah 6 : Setelah semuanya terisi,silahkan anda klik tombol yang ada dibawah “Save and Active”. dan apabila sukses,maka campaign anda sudah masuk dalam antrian pengiriman email dan akan dikirimkan sesuai dengan jadwal yang sudah anda set.

 

Semoga bermanfaat 🙂